DOA YANG BAIK AKAN DIDENGARKAN TUHAN


Yesus telah mengajarkan kita contoh Doa “Bapa Kami” yang isinya sangat sempurna dengan arti yang sangat dalam dan mencangkup semua aspek kehidupan sesuai dengan pokok ajaran Yesus yang utama yaitu “carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Matius 6:33).
Doa Bapa kami yang diajarkan Yesus itu ada dalam kitab Matius 6 dari ayat 9 sampai ayat 13 dengan 2 ayat tambahan (yang menjelaskan isi ayat 12) dalam ayat 14 dan 15 nya.
Dalam Doa Bapa Kami tersebut sebenarnya terdiri dari permohonan permohonan dalam 2 ayat pertama ( dalam ayat 9 dan 10) yang isinya ditujukan dan diarahkan kepada Tuhan sendiri, untuk memuji dan menyembahNya, sementara sisanya dari ayat 11 sampai 13 doa permohonan untuk kita sendiri. Beginilah sebaiknya kita membangun doa doa pribadi kita seperti “Doa Bapa Kami” yang diajarkan Yesus. Ayat ayat tersebut berbunyi sbb:
(9) Karena itu berdoalah demikian: " BAPA KAMI YANG DISORGA, DIKUDUSKANLAH NAMA-MU,"
**** Doa kita harus ditujukankan kepada Allah Bapa yang maha kuasa yang bertahta dikerajaan sorga, sebagai Allah pencipta alam semesta. Tetapi pernahkah kita berpikir apakah kita layak menyebut Allah (YAHWEH ) sebagai Bapa kita?? kita menjadi anak Allah ada tertulis dalam kitab Roma 8:15-16, yaitu karena kita telah menerima Roh Kudus yang telah menjadikan kita anak Allah dan oleh karena Roh itu kita bisa memanggil Allah Bapa sebagai: "ya Abba, ya Bapa!" sehingga dalam doa Yg dipanjatkan Yesus ini kita bisa memanggil Allah sebagai “Bapa" yaitu sebagai "Bapa kami yang ada disorga” yaitu Bapa Yg akrab dan dekat dengan anaknya sebagaimana hubungan anak dengan orang tuanya. Allah Yg kita percayai dengan sepenuh hati sebagai Allah yang murah hati yang akan memberi yang baik kepada anak anakNya yang percaya yang meminta kepadanya sebagaimana tertulis dalam Matius 7:11
Apa Yg membuat kita bisa menjadi anak anak Allah adalah karena pengorbanan Yesus Kristus dikayu salib untuk kita semua sebagaimana tertulis didalam kitab 1 Petrus 2:(24)"Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh" karena tanpa pengorbanan Yesus sebenarnya "upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita" (Roma 6:23). Jadi hanya karena pengorbanan Yesus dikayu salib kita bisa memanggil Allah Bapa (YAHWEH) sebagai BAPA
Lalu permohonan kita yang selanjutnya adalah memuliakan nama Allah yang kudus . Disini fokus kita adalah memuliakan Namanya seperti apa yang tertulis dalam Yehezkiel 36:23 “Aku akan menguduskan namaKu yang besar yang sudah dinajiskan ditengah bangsa bangsa, dan yang kamu najiskan ditengah tengah mereka. Dan bangsa bangsa akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan , demikianlah firman Tuhan Allah, manakala Aku menunjukkan kekudusanKU kepadamu dihadapan bangsa bangsa”, sehingga semua orang akan bertekuk lutut dihadapanKU dan semua orang akan memuliakan Allah (kitab Roma 14:11).
Disinilah kita mengakui bahwa Hanya Tuhan satu satunya yang layak dipermuliakan didalam hidup kita, dan bukankah hal ini adalah sesuai dengan perintah Yesus Yg terbesar yaitu : "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu (Matius 22:37). Merajalah Engkau selalu Tuhan
(10) "DATANGLAH KERAJAAN-MU, JADILAH KEHENDAK-MU DIBUMI SEPERTI DISORGA
**** Disini dengan “datanglah kerajaanMu” maksudnya adalah kita memohon agar kekuasaan Tuhan yang meraja, kekuasaan Tuhan yang mengalahkan segala kekuasaan gelap yang menghancurkan, dimana segala kekuasaan jahat dan gelap telah dihancurkan oleh Yesus Kristus, dan oleh karenanya kerajaan Allah datang melalui puteraNya Yesus Kristus yang telah mengalahkan dosa dan maut dengan pengorbananNya untuk kita dikayu salib. Nanti pada saat kedatanganNYa yang kedua Yesus harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah meletakan semua musuhNya dibawah kakiNya (1Korintus 15:25)
Sedangkan yang dimaksudkan dengan “jadilah kehendakMu” disini adalah kita percaya essensi yang terpenting dari permintaan pribadi kita adalah ketika kita mengatakan: Kehendak Tuhan saja yang terjadi baik disorga maupun didalam hidup kita, sehingga kita bisa berdoa dengan hati yang berserah kepada Tuhan dengan mengatakan “Jadilah KehendakMu dibumi seperti disorga” karena semua terjadi menurut kehendakMu, hanya Engkau yang meraja didalam hidup kita. Kehendak Tuhan adalah lebih utama dari pada keinginan kita sendiri dan untuk itu kita harus berusaha dengan aktif untuk mewujudkannya, walaupun itu tidak mudah.
Siapakah kita manusia Yg terbuat dari tanah liat Yg ibaratnya seperti tembikar ditangan Tuhan bisa memaksakan kehendak kita bahkan memerintah kan kepada Tuhan kita Sang Penciptanya??? Ayat ini bagus untuk mengingatkan siapa diri kita didepan Sang Penciptanya untuk tunduk kepada Nya yaitu "Celakalah orang yang berbantah dengan Pembentuknya; dia tidak lain dari beling periuk saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: "Apakah yang kaubuat?" atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan!" (Yesaya 45:9)
(11) "BERIKANLAH KAMI PADA HARI INI MAKANAN KAMI YANG SECUKUPNYA"
**** Kita memohon supaya Tuhan memberkati kita dan mencukupkan segala kebutuhan kita dengan SECUKUPNYA. Disamping itu kita juga bisa memohon berkat tidak saja untuk kebutuhan makanan tetapi juga kebutuhan yang lain seperti kesehatan, tempat untuk berteduh, keluarga dan masalah pekerjaan, business dsbnya.
Doa yang diucapkan dengan hati penuh syukur dan percaya bahwa Tuhan akan memberikan, maka doa seperti itu yang akan dijawab Tuhan, karena bukankah doa orang yang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya ??(Yakobus 5:16)
(12) "DAN AMPUNILAH KAMI AKAN KESALAHAN KAMI, SEPERTI KAMI JUGA MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH KEPADA KAMI;
**** Bukankah Yesus sendiri telah memberikan contoh pengampunan dosa dengan mengampuni orang orang yang telah menyiksa dan menyalibkan Dia dengan berdoa ” Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”
Disamping itu Yesus juga telah menjelaskan maksud ayat ini dalam ayat 14 dan 15 seperti dibawah ini
(13) "DAN JANGANLAH MEMBAWA KAMI KEDALAM PENCOBAAN , TETAPI LEPASKANLAH KAMI DARI PADA YANG JAHAT. (KARENA ENGKAULAH YANG EMPUNYA KERAJAAN DAN KUASA DAN KEMULIAAN SAMPAI SELAMA - LAMANYA". AMIN)
**** Disini kita memohon pada Tuhan untuk menjaga kita dari setiap situasi yang bisa sangat menyulitkan kita sendiri karena sering kali kita lemah terhadap keinginan kedagingan kita sendiri, yang membawa kita kepada banyak percobaan dan kesulitan yang sebenarnya disebabkan oleh kita sendiri.
Tetapi jangan kuatir pertolongan Tuhan selalu tepat pada waktunya karena ada tertulis dalam kitab 1 Korintus 10:13 “ Pencobaan pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya”.
Biarlah kita tetap terus berdoa setiap hari baik dalam keadaan senang maupun didalam menghadapi kesulitan hidup sambil mengucap syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu (1 Tesalonika 5:17-18) .
Kerajaan sorga adalah kepunyaan Tuhan, demikian juga kekuasaan dan kemuliaanNya, semua adalah milikNya, sekarang dan untuk selama lamanya, terpujilah namaNya yang kudus.
(14) "KARENA JIKALAU KAMU MENGAMPUNI KESALAHAN ORANG, BAPAMU YANG DISORGA AKAN MENGAMPUNI KAMU JUGA."
**** ayat ini dan ayat 15 dibawah menjelaskan bunyi ayat 12 diatas
(15) "TETAPI JIKALAU KAMU TIDAK MENGAMPUNI ORANG, BAPAMU JUGA TIDAK AKAN MENGAMPUNI KESALAHANMU."
**** Bapa yang disurga, tolonglah kami untuk hidup sesuai dengan kehendakMu, ulurkanlah tanganMu untuk mengalahkan rasa ego, sombong dan iri hati yang membuat kami menjauh dari kasihMu, bimbinglah kami selalu dan Merajalah dalam diri kami. Ajarilah kami selalu bahasa cintaMu dan bantulah kami dalam melakukannya didalam hidup kami sehingga kami selalu bisa bersyukur memuji NamaMu Yang kudus untuk selama lamanya, terimakasih Bapa, didalam nama Yesus kami berdoa. Amin

Comments

  1. situs terpercaya!!!!
    joint dan bukti kan sendiri!



    Untuk info selengkapnya silahkan hubungi kami di :
    website : WWW.PELANGI99,COM
    Skype : pelangi_capsa / Pelangi99
    BB : 2B3D585E
    LINe: pelangi99.com
    whatsap:+855 166 75 661
    Facebook : Pelangi99
    No HP : +855 166 75 661
    Yahoo : pelangi99_cs@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. http://perkedel838838.blogspot.co.id/2017/06/pakai-mahkota-dan-kerudung-dandanan.html
    http://bolapelangionline838.blogspot.co.id/2017/06/alfamart-salurkan-sedekah-onsumen.html
    http://bolapelangi838.blogspot.co.id/2017/06/syahrini-ngaku-baru-putuskan-pacar.html

    BETTING ONLINE TERPERCAYA

    www.bolapelangi.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKNA KATA "KEBENARAN" MENURUT ALKITAB

Cara Menghadapi Bullying